Jumat, 24 Mei 2013

No pain no gain

Horas !!

Alamak !! beraaaat...

Sumatera Utara... ya setelah 6 hari gowes lamanya dari Aceh, gw dan kawan-kawan Srikandi akhirnya sampe ke propinsi ini. Propinsi yang orang-orangnya punya rahang khas, suara yang keras dan masakan yang pedas (apa yang gak pedes dari Aceh, Medan, Padang hihihi). Tapi  biar begitu guys, lu tau gak ? mereka itu sebenernya baik banget, pekerja keras dan mau di ajak susah. Itu bisa gw liat dan gw pernah ngobrol dengan beberapa perempuan  dari propinsi ini yang ngerantau di Lampung. Mereka gak segen buka lapak baju-baju bekas buat didagangin atau tinggal ditempat sempit yang didepannya tersedia alat-alat tambal ban atau isi angin. Coba deh lu perhatiin, cuma perempuan-perempuan ini yang gape masukin angin ke pentil ban sepeda, motor bahkan mobil. Mereka lakuin itu semua ya untuk bertahan hidup bahkan untuk nyekolahin anak-anak mereka sampe ke bangku kuliah bahkan sampe jadi 'orang'. Diluar sifat mereka yang keras atau kasar... gw bener-benr salut !!. 
Masuk ke daerah Sumut ini, whoaaaa.... jangan ditanya soal pemandangan alamnya...cakep banget, indah banget. Disini kita mulai nemuin jalan yang nanjak sampe diketinggian kurang lebih 1300 mdpl. Tekstur jalannya juga beragam mulai dari yang mulus sampe yang ancur-ancuran. Ditambah lagi turunan yang tajam dan berbelok-belok. Karna waktu itu dari Pematang Siantar ke Parapat kita sampe agak siang maka kita bisa nikmatin wisata Pelabuhan  Tomok yang ada di Pulau Samosir Danau Toba. Pengen tau serunya aktivitas kita di pulau ini, cekidot : http://youtu.be/0zUVhY78O48. Kita juga minep di Darma Agung Beach Hotel yang posisinya langsung menghadap ke Pulau Samosir. Wahh... keren banget. Menurut guide yang anter kita selama plesiran, kita membutuhkan waktu kurang lebih 15 hari lamanya untuk bisa mengitari pulau ini. Wow lama juga ya... hampir dipastiin gw bakal lupa pulang ke Lampung karena keasyikan jalan-jalan hihihi...


mandi lumpur di etape Tarutung-Sipirok
Anjiiir... etape-etape ini memang cukup berat, mulai dari Medan - Pematang Siantar - Parapat - Tarutung - Sipirok - Padang Sidempuan - Kotanopan - Lubuk Sikaping - Bukit Tinggi. Atribut pakaian lengkap yang gw pake terpaksa gw copot semua. Gw nyerah ngadepin etape-etape di daerah Sumatera Utara ini dengan make pakaian ketutup, kecuali safety ride tentunya. Daerah ini gak jauh-jauh dari yang namanya udara dingin, hujan, tanjakan berbelok plus jalan jelek. Dan Sumpah !! justru ini yang gw suka. Padahal, kemampuan sepeda gw jauh dari maksimal, nyali juga gak gede-gede amat. Tapi entahlah... gw makin gila menikmati gowesan gw di etape ini. Makin susah dan bahaya medannya malah nambah bikin gw penasaran buat ngelewatinnya. Yang bikin gw salut adalah ya gw bisa ngelakuin itu semua karna terpancarnya spirit dari kawan-kawan srikandi. Gak kebayang kalo gw sendirian. Yang ada gw nangis, gubrakin itu si 'Geronimo' (sepeda yang gw pake dan iseng gw namain) trus numpang bis pulang ke lampung. Om Martha, salah satu marshal srikandi memang pernah bilang kalo kita akan berhasil melewati perjalanan ini karena semangat dan kerjasama kita semua. Seperti pepatah bilang No pain no gain ! Gak ada keberhasilan tanpa ada nya perjuangan ! Dan itu memang bener !!

pemandangan keren sebelum masuk Madina
Keganasan rute waktu di Tarutung - Sipirok itu belum berakhir. Selanjutnya gw dan kawan-kawan kudu melahap etape gila lainnya yang gak jauh beda ganasnya. Kanan kiri jurang belum lagi tanjakan turunan yang lucuuuu banget... kenapa gw bilang lucu, karna bisa bikin mulut gw mangap tapi gak bisa jerit, bikin mata gw pengen banget merem karna deg-degan tapi malah melotot supaya tetep fokus ngeliat jalan yang ampun-ampunan dashyat. Tapi... subhanallah... soal view gak bisa gw lukiskan dengan kata-kata. Sepanjang perjalanan ini kita dimanjain sama aliran sungai yang keren banget, indah banget. Lembah-lembah yang sejuk juga penduduk yang ramah pada saat kita ngelewatin mereka dan bertegur sapa. Tapiii guys... ada juga yang gak ramah lho yaitu beberapa hewan piaraan mereka... yaah dasar anjing... hewan ini pernah ngejer gw dan beberapa kawan gw yang lain . Otomatis gw ngacir dengan gowesan yang sekenceng-kencengnya dan lupa kalo itu tanjakan hahaha... *Hadooh nasib punya badan kecil dan kurus-disangka tulang. 


Air terjun Lembah Anai
Masuk kedaerah Bukit Tinggi, kita mulai disuguhin sama yang namanya turunan dan tanjakan yang berbelok-belok. Udara sejuk di tiap lembah yang kita lewatin mampu membikin gw menikmati kayuhan demi kayuhan dan mengusir rasa bosen yang kadang dateng. Kita sempet berhenti di Air terjun Lembah Anai juga di Goa Jepang sambil gak lupa foto-foto di latar belakang Ngarai Sihanok yang luar biasa keren itu. Hari itu tanggal 20 April adalah hari terakhir kita gowes dan ending di kota Padang. Perasaan yang bergolak di hati untuk pengen cepet sampai, pengen santai dan rasa lega karna selesai sudah perjalanan selama kurang lebih 15 hari di atas sepeda, terus memacu semangat gw. Badan gw yang udah mulai letih gw rasain pada saat mulai masuk kota Jam Gadang itu. Sekitar jam 4 sore.... Alhamdulilah kita sampe juga di kantor Gubernur Padang. Kita juga disambut sama Gubernurnya langsung. Tangis beberapa kawan karna haru dan senang ikut mewarnai selesainya perjalanan terakhir itu. Yaa... perjalanan dengan mengayuh sepeda dengan rute yang jauh, bukan hanya perjalanan menaklukan medan yang berat, tapi juga perjalanan menaklukan diri sendiri. Beberapa saat gw cuma tertegun sambil berusaha konsen untuk nyandarin Geronimo ditaman depan kantor Gubernur itu. Dan gw kembali sadar ketika beberapa kawan memeluk gw. Akhirnya kita yang ada disitu saling berpelukan semua. Huuaaa... padahal gw pengen banget nangis seperti yang lain, tapi kenapalah air mata gw ini gak bisa keluar. Yang gw rasain saat itu cuma  sesak didada gw... sesak karna seneng yang teramat sangat. Sesak karna menyesali bahwa ini semua harus berakhir dan memang harus berakhir. Sebuah perjalanan yang menyenangkan dari kegiatan Srikandi, yang bisa memberi gw banyak pelajaran di setiap waktunya, yang memacu adrenalin gw tapi disamping itu juga justru bisa membangkitkan jiwa melow gw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar