Selasa, 14 Mei 2013

rok bukan rock !!

Gw dan kawan-kawan Srikandi 3 mulai gowes pada Jum'at, 5 April 2013. Di Aceh ini, kita akan ngelewatin beberapa etape untuk sampe ke Medan, yaitu Banda Aceh - Sigli - Bireun - Lhoksumawe - Langsa - Pangkalan Brandan - Medan. Terus untuk  Medan ke Padang etape nya adalah : Medan - Pematang Siantar - Parapat - Tarutung - Sipirok - Padang Sidempuan - Kotanopan - Lubuk Sikaping - Bukit Tinggi. Total jarak tempuh kurang lebih 1.400 km.

Rundown Srikandi 3
Hari pertama gowes itu kita start dari Kantor Walikota Banda Aceh. Maklum hari pertama, jadi penampilan kita masih cakep-cakep dan mulus-mulus semua. Sepeda yang dipake masih baru-baru walopun judulnya dipinjemin hihihi.. Naah ada peraturan untuk perempuan di Aceh.  Kita kudu pake pakaian syariat islam. Gak boleh pake pakaian yang ketat dan kebuka. Jadi di beberapa etape itu gw dan yang lain pake rok... gw memang baru belajar juga pake kudung jadi agak canggung banget. Alamak !!.. seumur-umur, gw ini jarang banget pake rok. Ribetnya minta amplop. Ya kalo gak waktu masih sekolah dulu atau ngelamar kerja aja makenya hihi, selebihnya favorit gw ya cuma t-shirt belel, celana pendek atau jeans panjang, itupun dipake kalo mau maen keluar. Alhasil 2 rok pendek sporty pinjeman dari mba Apan Rakata udah siap nemenin gw gowes. Jadi gw waktu itu udah kayak kue lapis, pake celana dalem trus padding trus celana skin panjang dan truuus... pake rok sporty yang juga ada celana pendek nya hadeeeh...* tepok jidat. Tapi rok ini gak menjadi halangan sama sekali buat gw tetep enjoy gowes. Yang menjadi halangan adalah karna Henny si srikandi beser ini harus selalu eksis ke kamar mandi tiap berenti cek point. Berapa lapis pakaian dalem yang harus gw buka... : ratusan !!.

mba Arda, Tania, gw juga 'ROK'
(Lhoksumawe)
Hujan pernah kita rasain pada saat gowes etape Banda Aceh - Sigli yaitu sesaat setelah kita istirahat makan siang dan sholat jum'at di Pasar Seulimum. Ditambah lagi tanjakan yang berbelok-belok. Kita sempet berenti di Tahura "Pocut Meurah Intan" Seulawah untuk re grouping dan disini kita dapet pengawalan dari kepolisian Pidie. Kendala pernah kita alamin pada hari kedua yaitu di sekitar Kampungtu Meureudu yang mengharuskan beberapa kawan kita dievakuasi untuk pemulihan. Tapi itu gak menjadi kendala besar kita semua untuk tetap lanjut ke etape berikutnya. Rute Aceh ini masih dibilang banyak flat atau jalan yang kita lewatin itu datar. Kalaupun ada tanjakan ya cuma rolling-rolling aja. Memang agak boring dan ngantuk sih tapi buat gw itu tetep asik. Apalagi speed agak naek sampe 28 - 30 hihihi... berasa naek Pegasus !. Untuk suhu, Aceh memang panas. Kabarnya nih di Langsa bisa sampe 40 derajat celcius. Oh God... lu pasti gak kebayang kan panasnya kayak apa ? Tapi untuk view...subhanallah... keren banget. Hampir di sepanjang jalan di Aceh ini kampung-kampung masih asri, banyak bangunan mesjid-mesjid yang berdiri megah dengan arsitektur yang menawan. Wajarlah kalo Aceh ini dijuluki kota Serambi Mekah.

Pidie

Karna di Langsa itu jarak tempuh sangat panjang, sekitar 164 km, dan waktu itu udah hampir sore ditambah lagi kondisi srikandi yang udah mulai letih, maka untuk menjaga hal-hal yang gak diinginkan, para crew memutuskan untuk mengevakuasi seluruh srikandi menuju hotel tempat istirahat. Yeach.. Make it simple !! gw setuju banget.
Kita sampe Medan itu tanggal 10 April, alhamdulilah perjalanan cukup lancar. Capek itu terbayar karna gw pribadi itu sangat nikmatin setiap perjalanan yang gw lewatin. Ya.. Capek itu udah pasti karena genjot sepeda itu kudu make mesin dengkul sama nafas. Tapi makin hari gowes gw makin suka banget dan dari rasa suka itu gw tertagih untuk pengen terus dan terus nikmatin. Mulai 'gila' kayaknya gw hahaa... Nah.. ada kejadian nih yang bikin gw sangat terharu. Sumpah !! gw gak tau kenapa untuk yang satu ini gw speechless banget !! berasa mau nangis tapi gak bisa ngeluarin air mata. Tanggal 11 April itu kita istirahat sehari di Medan. Kita dapet agenda ngunjungin beberapa tempat termasuk YPAC Medan. Disini tempat sekolah anak-anak berkebutuhan khusus. GOD !! gw bisa liat langsung anak-anak yang luar biasa ini memang begitu istimewa. Tingkah laku yang kita anggep freak kayak teriak-teriak, ngelamun, lari sana-sini itu mewarnai kedatengan kita . Gw langsung inget dua bocah suku indian yang dirumah. Gw gak kebayang kalo mereka seperti anak-anak ini. Gw gak tau apakah gw kuat, siap lahir bathin ngadepin semuanya.

Keep the Spirit !!
Tapi... mereka juga...anak-anak istimewa ini... sama seperti kita, punya hak yang sama untuk disayangi, hak dapet pendidikan yang sama, gak ingin dicemooh. Orang tua dan guru mereka begitu sabar dan ikhlas merawat mereka dan menyayangi mereka.
Disana beberapa kebolehan mereka dalam bidang kesenian, mereka tampilin untuk kita. Nyanyi, nari, ngeband. Ahh... gw semakin gak kuat ada diruangan itu. Bukannya gw gak suka, gw justru salut dan gw justru sama bangganya seperti orang tua mereka. Gak tau gw kok bisa secemen ini gak bisa berlama-lama disana. Mental "rock" gw lempem !. Pura-pura terima telpon, gw keluar agak jauh dari keramaian. Kalo aja ada warung kopi pasti gw udah  nongkrong lama disitu. Gw tungguin sampe acara udah mau kelar baru gw buru-buru masuk ruangan, daaaan.... semprul akhirnya gw ketinggalan sesi keramat yaitu 'pemotretan' ! . Halahh... (rasain !!).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar